Promosi Efektif Dengan Jangkauan Luas Melalui Iklan Baris Poskota
Layanan iklan
baris poskota merupakan media promosi yang tergolong ekonomis dan
efektif dengan target pasar utama yaitu warga ibukota. Surat kabar ini
didirikan pada masa Orde Baru oleh Menteri Penerangan yang bernama Harmoko
bersama koleganya, seperti Tahar S. Abiyasa, Jahja Surjawinata dan Pansa
Tampubolon.
Diterbitkan pertama
kali pada 15 April 1970 setelah sebelumnya dilakukan survey ke lapangan
mengenai animo masyarakat Jakarta tentang ragam berita yang ingin dibaca.
Mereka mengatakan bahwa isu yang berkaitan dengan keseharian lebih diminati,
sehingga pada awal penerbitan dengan jumlah 3.500 eksemplar, berita yang
diusung meliputi topik hukum, kriminalitas, olahraga dan seksual. Pada
perkembangannya, Pos Kota menambahkan bidang pembahasan baru di tahun 1999
seiring dengan diterbitkannya versi online, yaitu bisnis dan politik.
Sejak awal
diterbitkan, ternyata harian Pos Kota diterima baik oleh masyarakat. Bahkan di
suatu survey yang dilakukan Nielsen Media Research yang hasilnya diterbitkan
oleh Majalah Cakram pada periode Mei-Juni 2005, menyatakan bahwa surat kabar
ini adalah koran paling laris di Indonesia. Selain kelengkapan topik yang
berkaitan dengan keseharian masyarakat, Pos Kota juga memiliki ciri khas
tersendiri, yaitu tampilan yang didesain mencolok dimana tata letaknya tidak
beraturan. Meskipun media online sudah menjangkau hampir seluruh pelosok
negeri, ternyata kegiatan membaca berita melalui surat kabar tetap menjadi
pilihan banyak orang. Oleh karena itu, memasang iklan baris poskota masih
menjadi metode marketing yang efektif.
Sebuah bisnis akan
sulit berkembang apabila Anda tidak atau memiliki sedikit konsumen. Disini,
strategi marketing merupakan kunci untuk mengenalkan produk atau jasa yang Anda
tawarkan kepada publik. Dengan begitu, mereka akan tahu dan tertarik untuk
menjadi pelanggan. Anda dapat memanfaatkan layanan iklan baris poskota,
karena:
- Publikasi menjangkau seluruh lapisan masyarakat, terutama dari golongan bawah ke atas di daerah ibukota.
- Pemasangan iklan dapat dilakukan melalui sms atau email sehingga Anda tidak perlu mengunjungi kantor redaksi.
- Terdapat banyak kategori iklan yang memungkinkan Anda tidak hanya memasarkan produk dan bisnis saja.
- Gaya bahasa apa adanya, sehingga mudah dipahami oleh masyarakat.
- Harga yang dipatok untuk pemasangan iklan sangat murah.
Iklan baris biasanya
terdapat di koran yang minimal terdiri dari 2 hingga 3 baris saja. Kalimat yang
digunakan juga pendek sehingga kata promosi yang digunakan haruslah padat dan
jelas. Pencantuman iklan baris di surat kabar dilakukan berdasarkan kategori
yang sama. Misalnya, pada kelompok Property, Anda akan menemukan iklan yang
berisi promosi yang berhubungan dengan topik tersebut. Kelompok Lowongan Kerja
terdiri dari informasi bagi pencari kerja. Agar fungsi penyampaian pesan dapat
berjalan secara optimal, sebagai pengiklan Anda harus menyusun kata-kata
promosi yang tepat. Apabila Anda kesulitan menentukan kalimat marketing yang digunakan,
Anda dapat memanfaatkan jasa pembuatan iklan baris poskota dari
agen berpengalaman.
Dibandingkan memasang
brosur atau menyebar pamflet di jalanan, pemasangan iklan di media massa
seperti koran jauh lebih efektif dan bahkan terjangkau. Dalam sekali pencetakkan,
pesan marketing Anda akan sampai ke jutaan penduduk di ibukota. Proses
pemesanan publikasi iklanpun sangat mudah. Anda tidak perlu datang ke kantor
perwakilan surat kabar Pos Kota, tetap cukup mengirimkan pesan melalui telepon,
sms atau website resmi koran tersebut. Jangan lupa untuk berkonsultasi terlebih
dahulu dengan pihak customer service untuk memastikan bahwa
paket iklan baris poskota yang Anda pilih sesuai budget.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar