PASANG IKLAN KORAN POS KOTA

PASANG IKLAN KORAN POS KOTA

Perhitungan Biaya Promosi berdasarkan Ukuran Iklan Koran


Ukuran iklan koran merupakan salah satu poin utama dalam menentukan biaya promosi melalui surat kabar. Memasang pesan marketing di media cetak masih menjadi pilihan utama bagi para pemilik produk dan jasa. Salah satu alasannya adalah jangkauan penyebaran informasi yang bisa mencakup kawasan lokal dan nasional, tergantung dari nama surat kabar yang digunakan. Selain itu, tingkat kemunculan yang sering dimana pengiklan dapat menyesuaikan jangka waktu penayangan produk marketingnya sesuai dengan kebutuhan.
Beriklan adalah upaya marketing dengan dua tujuan. Yang pertama yaitu penciptaan citra atau brand di kalangan masyarakat. Yang kedua ialah peningkatan jumlah konsumen potensial yang kemudian akan mengarah pada kenaikan angka penjualan produk. Namun, upaya ini tidaklah gratis. Anda harus mengeluarkan sejumlah dana untuk membayar biaya pembuatan iklan apabila menggunakan jasa biro iklan. Membuat konten promosi sendiri memang lebih hemat, tetapi Anda harus pastikan bahwa kemampuan di bidang periklanan cukup mumpuni agar tercipta kualitas iklan terbaik. Penyediaan budget juga dibutuhkan untuk hal penayangan, dimana dalam konteks ini Anda menggunakan media cetak.
Ukuran iklan koran tentunya bervariasi, dibedakan berdasarkan dua jenis iklan, yaitu:
§  Iklan baris – berbentuk uraian kata yang terdiri dari minimal 3 baris dan maksimal 10 baris. Pembuatan iklan lebih padat dan langsung membidik target pasar tertentu dengan dilakukannya pengelompokan iklan oleh pihak pengelola surat kabar.
§  Iklan display atau gambar – konten berisi kata dan gambar yang bisa dibuat dalam bentuk hitam putih (BW) atau berwarna (FC). Dibedakan lagi menjadi dua tipe, yaitu iklan bebas yang memiliki fleksibilitas penempatan berdasarkan keinginan pengiklan, dan iklan kolom yang tata letak ditentukan oleh pihak pengelola koran. Iklan kolom biasanya memiliki ukuran 30mm sampai 110mm, sedangkan iklan display dibuat setara dengan ukuran dua kolom sampai satu halaman koran penuh.
Perhitungan biaya iklan menjadi dasar penentuan penyiapan budget untuk belanja space di koran. Selain mengenali variasi ukuran iklan koran, Anda juga harus memperhatikan tarif yang dipasang oleh surat kabar yang bersangkutan. Umumnya, pada iklan baris, perhitungan biaya didasarkan pada jumlah baris yang diperlukan.
Contoh:
Jumlah baris : 5
Tarif per baris : Rp 50,000,00
Perhitungannya
Harga   = jumlah baris x tarif per baris

            = 5 x Rp 50,000,00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar